Minggu, 27 Januari 2019

Pintu Ini Rusak !


" Pintu ini rusak, pergunakan pintu sebelah kanan " sebuah kalimat yg ditulis dengan tulisan tangan ditempel disebuah pintu kaca bank swasta di kota kami, Kabanjahe. Kemudian digagang pintu yg rusak tersebut ditempel tulisan "jangan dorong",  dan di balik pintu kaca kelihatan di letakkan sebuah kursi, tentu dengan maksud apabila ada yg mendorong, maka pintu akan terganjal.
Mungkin menurut sebagian orang kalau ditulis "pintu rusak" saja, pengguna pintu akan paham bahwa pintu rusak dan tidak bisa digunakan. Tetapi saya yakin pihak bank belajar dari pengalaman, peringatan yang hanya sekali tidak cukup memberi pengertian.
Sebagaimana dalam Al Qur'an ada sebuah kalimat yang diulang sampai 31 kali yaitu


فَبِأَيِّ آَلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Tentu ada makna dibalik pengulangan tersebut, sebuah peringatan agar kita senantiasa bersyukur dengan nikmat Allah SWT, tapi manusia sering abai dan lupa bahwa Allah SWT memberi apa yg kita butuhkan bukan apa yang kita minta, karena mengabaikan nikmat Allah SWT sehingga lupa bersyukur. Dalam ayat lain Q.S Ibrahim ayat 7 Allah berfirman "Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat."
Allah SWT memberi peringatan akan memberikan azab apabila kita mengingkari nikmat yang Allah beri, sebagaimana peringatan yang ditempel di pintu bank tadi, tentu apabila sudah diberi peringatan kemudian masih ada yang abai dan tidak memperhatikan maka ada akibat dari perbuatan tersebut, misalnya tangan terjepit atau akibat lain yang lebih fatal.  Wallahu alam.

Sudahkah kita bersyukur hari ini?
Alhamdulillah..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar